Kiat-kiat Menentukan Ketukan Masuk Sebuah Lagu

Pembelajaran seni musik yang dilakukan di sekolah-sekolah, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMU belum mencapai sasaran. Hal ini dapat dibuktikan bahwa masih banyak guru-guru yang belum paham secara teori dan praktek mengenai cara memimpin sebuah paduan suara (menyanyi secara bersama-sama). Masih banyak guru-guru yang belum tahu cara menentukan ketukan masuk lagu, baik itu lagu wajib nasional, lagu daerah nusantara, lagu anak-anak, bahkan lagu-lagu yang beredar pada masa sekarang.

Salah satu tugas seorang dirijen adalah dapat menentukan ketukan masuk sebuah lagu. Pada dasarnya untuk dapat menentukan ketukan masuk sebuah lagu bukanlah hal yang sulit, akan tetapi apabila konsepnya sudah dipahami maka dengan mudah dapat ditentukan ketukannya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan ketukan masuk sebuah lagu, akan tetapi sebelum pembehasan ketukan masuk lagu ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti 1) kepekaan rasa yang dimiliki oleh seorang dirijen, 2) ketersediaan partitur/notasi lagu yang diikuti dengan penguasaan materi musik minimal ketukan dan nilai-nilai not. Setelah hal tersebut di atas terkuasai, maka barulah dapat ditentukan ketukan masuk sebuah lagu sebagai berikut:

  • Melihat dan menganalisis birama lagu. Birama berapa yang terdapat pada lagu. Contoh; Lagu Mengheningkan Cipta dengan tanda birama 4/4. Pengertian birama 2/4 adalah birama yang jumlah ketukan dalam setiap ruas birama adalah 4 ketukan yang menggunakan not perempat. a) Pada birama awal hanya ada satu ketukan ( 5 / 3 . 4 5 / 5 . 3 1 / 1 7 1 6 / 5 . 3, maka birama tersebut kekurangan 3 ketukan. Jadi kekurangan ketukan tersebut yang menjadi hitungan oleh dirijen atau bisa dirumuskan dengan; jumlah kekurangan ketukan + 1. Jadi ketukan masuk lagu Mengheningkan Cipta dapat dirumuskan dengan (3 + 1 = 4). Berarti lagu Mengheningkan Cipta masuk pada ketukan ke 4 (empat), b) Pada birama akhir berapa jumlah ketukan yang ada. Jika di lihat notasi lagu Mengheningkan Cipta pada birama akhir terdapat 3 ketukan ( 1 . . //). Ketukan masuk lagu adalah 1,2,3, dan pada ketukan ke 4 lagu sudah dinyanyikan atau dengan rumus (3+1 = 4)
  • Kepekaan rasa untuk menentukan ketukan pertama dalam setiap birama. Hal ini memang dituntut penguasaan merasakan ketukan-ketukan lagu secara mendalam, dan tidak bisa didapatkan dengan instant. Setelah dapat merasakan ketukan pertama, maka akan dapat dianalisis dan dicarikan ketukan berapa lagu tersebut mulai dinyanyikan.

Kiat menentukan ketukan masuk sebuah lagu seperti yang dijelaskan di atas dapat dijadikan patokan atau berlaku untuk menentukan ketukan masuk semua lagu yang ada.

About these ads

Tentang Desyandri

Desyandri. Lahir di Suliki, Kab. 50 Kota Propinsi Sumatera Barat pada tanggal 29 Desember 1972. Dosen Tetap di Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP Universitas Negeri Padang sejak tahun 2006. Memperoleh gelar Ahli Madya (Amd) pada Jurusan Pendidikan Sendratasik FPBS IKIP Padang tahun 1996, Sarjana Pendidikan (S.Pd) pada Jurusan Pendidikan Sendratasik FPBS IKIP Padang tahun 1998. Memperoleh gelar Magister Pendidikan (M.Pd) tahun 2011 Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNP. Sedang Tugas Belajar di Program Studi Doktoral (S3) Ilmu Pendidikan sejak tahun 2012 di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). E-mail: desyandri@yahoo.co.id
Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan Seni Musik. Tandai permalink.

10 Balasan ke Kiat-kiat Menentukan Ketukan Masuk Sebuah Lagu

  1. evani yudistri berkata:

    Thanks ya pak, taz ilmunya dalam menentukan ketukan masuk dalam sebuah lagu……..

  2. via berkata:

    toolong cari donk judul lagu perjuangan dgn penciptanya dan biramanya
    pppppppppplllllllllllllllllllllllliiiiiiiiiiiiiiiissssssssssssssssssssss
    yg lengkap ya!!!!!!!!!!!!

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      ibu beli saja buku lagu wajib nasional, 5000 harganya, atau bisa jg didownload. tq

  3. nandapoetra berkata:

    Maksh ya pak,,,tpi gmana pula dengan lagu indonesia raya?apakh sama….krna saya masih blum bisa menyesuaikan lagu tersebut dengan ketukan….mohon bantuannya pak….

  4. pebriyanti (from: BB.22) berkata:

    Met malam pak……bgus bgt pak kiat-kiat dalam menentukan ketukan masuk lagu nx….akhir nx saya menyukai dalam bernyanyi stlah belajar seni musik dgn bpk…..mksh ea pak atas pembagian ilmu nx untk saya….mga dpt saya manfaatkan dgt sbaik mgkin…..

  5. Darma berkata:

    Intinya apa ketika mulai menyanyi gerakan tangan drijen mesti arah ke atas? Trus mulainya pada akhr hitunga misal, indonesia raya di mulai hitungan ke 4 krn biramanya 4/4.. Mohon d jelaskan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s