Asesmen Pendidikan Seni Musik

 

A.     Penilaian kemajuan gerakan musik

Penilaian kemajuan pengajaran musik dapat dilihat pada tingkah laku murid sebagai hasil dari belajar musik. Masalah yang khas dalam menilai hasil belajar musik itu ialah bahwa kita harus mengamati beberapa tingkah laku sekaligus dalam tingkah laku yangg terpadu. Untuk menilai anak yang disuruh menyanyikan sebuah lagu yang sudah dipelajari, maka banyak hal yang harus kita amati dalam waktu yang bersamaan. Walaupun demikian kita harus dapat menganggap masing-masing segi tingkah laku itu terpisah dan mengamatinya satu per satu umpamanya :

         Mutu suara

         Kemurnian nada

         Kesesuaian gerak

         Mutu interpretasi dan sebagainya

Sekarang marilah kita tinjau hasil belajar musik itu dari segi pengertian dan pemahaman akan unsur-unsur musik melalui masing-masing kegiatan pengalaman musik.

1. Penilaian Mendengarkan Musik  

penilaian mendengarkan musik ini adalah untuk mengetahui tingkat pengertian dan pemahaman murid tentang unsur-unsur musik yang sudah diajarkan. Murid-murid harus dapad mengenal unsur-unsur musik yang terkadang dalam lagu atau komposisi yang diperdengarkan umpamanya sebsngai berikut.

a.             Pengenalan irama

         Apakah pulsanya jelas kedengaran atau tidak?

         Berapakah biramanya

         Pola iramanya apakah rata

b.            Penghayatan melodi

         Apakah melodinya naik turun atau datar

         Apakah gerak melodi itu banyak melangkah atau melimpat

         Apakah wilayah nada yang digunakan luas atu sempit

         Apakah lagu itu dalam tngga nada Minor atau Mayor

c.             Penghayatan harmoni

         apakah tekstur yang digunakan itu monofoni homofoni atau plifoni

         apakah akor-akor yang digunakan banyak yang konsonan atau banyak yang disonan

         apakah lagu itu dalam unisono atau dalam paduan suara

 

 

d.            Pengenalan bentuk lagu

         apakah dalam lagu itu banyak terdapat repotisi atau variasi, atau kontras

         apakah lagu itu berbentuk satu bagian, biner, atau terner

         bagaimana bentuk keseluruhan lagu itu

e.             penghayatan ekspresi

         apakah tempo lagu itu cepat, lambat, atau berubah-ubah

         apakah volume suaranya keras lunak atau berganti

         apakah warna suaranya cerah atau gelap

         alat musik apakah yang memainkan mereka

 

2.      Penilaian Bernyanyi

Penilaian bernyanyi adalah untuk menilai tingkat pengertian dan pemahaman murid tentang unsur-unsur musik yangsudah di ajarkan, dan menilai tingkat keterampilan murid menggunakan suaranya

a.       Rasa Irama

         apakah irama lagunya tepat atau sekali-kali lari

         apakah ayunan biramanya mantap

b.      Bayangan Nada

         apakah bernyanyi dengan nada yang murni

         apakah suaranya berpadu dengan iringan musik

c.       Penguasaan Frase Penguasaan Ekspresi

         apakah mutu nada yang digunakan sesuai dengan jiwa lagu

         apakah tempolagu dan dinamikanya tepat

         apakah intonasi melodinya sesuai

 

3.      Penilaian Bermain Musik

Pematokan untuk menilai tingkat ketepatan dalam keterampilan bermain musik ini harus ditentukan lebih dahulu, disesuaikan dengan tingkat perkembangan pertumbuhan fisik anak. Anak yang sudah dapad memukul glockenspiel dengan mengayunkan lengsnnya mungkin belum dapat menggunakan jari-jatinya untuk menutup lubang-lubang suling rikorder karena pertumbuhan otot kecil lebih lambat.

a.       Birama

– apakah irama bermain musiknya tepat

b.      Melodi

– apakah perpindahan akor dilakukan pada waktu yang tepat

c.       Harmoni

– apakah melodi yang dimainkan benar

d.      Bentuk lagu

– apakah tempat pernafasan sesuai engan frase melodinya

e.       Ekspresi

– apakah tempo, dinamik, dan gaya melodinya sesuai

4. Penilaian Bergerak Mengikuti Musik

            Tujuan kegiatan bergerak mengikuti musik ialah memberikan pengalaman tanggapan tubuh terhadap unsur-unsur musik. Penilaian di berikan untuk kesesuaian gerak dengan unsur-unsur musik yang di dengar, bujan untuk ketepatan gerak tari tertentu atau keindahan gerak tari balet.

a.       Irama

         Apakah anak-anak tanggap terhadap pulsa, birama, dan pola-pola irama?

b.      Melodi

         Apakah anak-anak tanggap terhadap nada tinggi, nada rendah, garis, garis melodi naik, turun, atau datar?

c.       Harmoni

         Apakah anak-anak tanggap terhadap melodi lagu dan terhadap musik pengiring apa?

d.      Bentuk lagu

         Apakah anak-anak tanggap terhadap frase, terhadap repetesi atau kontras?

 

e.       Ekspresi

         Apakah anak-anak tanggap terhadap tempo, dinamik dan perubahan dinamik, artikulasi yang legato dan staccato?

 

5. Penilaian Membaca Musik

penilaian membaca musik dilakukan dengan mengamati bagaimana murid membaca pola-pola notasi musik yang sudah diajarkan, dalam susunan baru yang bermacam-macam

a.       Irama

         dapatkah anak-anak membaca pola-pola irama yang sudah diajarkan, dalam susunan yang baru?

b.      Melodi

         dapatkah anak-anak mengenal nada yang tinggi atau yang rendah, melihat garis melodi, dan mengetahui dimana klimaks lagu?

c.       Harmoni

         dapatkah anak-anak mengenal gerak akor dalam harmoni lagu?

d.      Bentuk lagu

         dapatkah anak-anak membaca frase lagu dengan menggunakan pernafasannya yang tepat?

e.       Ekspresi

         dapatkah anak-anak mengikuti tanda-tanda tempo, perubahan tempo, dinamik, perubahan dinamik, intonasi legato atau staccato dalam membaca musik?

 

6. Penilaian Kreatifitas Murid

penilaian kreativitas murid ini sulit untuk ditentukan dengan pasti lebih dahulu. Hal-hal yang sangat sederhana yang dibuat anak tetapi betul-betul merupakan hal yang baru bagi anak itu, dapat dikatakan kreatif.

a.       Irama

           membuat ostinato/pola-pola irama

b.      Melodi

           membuat melodi-melodi

c.       Harmoni

           membuat iringan lagu

d.      Bentuk lagu

           membuat lagu sederhana

e.       Ekspresi

           membuat ungkapan-ungkapn melodi sederhana

 

7. Teknik Penilaian Hasil Belajar Musik

a.       Pengamatan dengan lembar penilaian

penilaian kemajuan pengajaran musik dapat dilakukan dengan pengamatan terhadap tingkah laku murid sebagai hasil dari belajar musik.

b.      Tes tertulis

Tes tertulis diadakan untuk mengetahui tingkat pemahaman murid tentang teori musik yang sudah dipelajari. Ters tertulis dapat berbentuk tes objektif dan dapat pula berbentuk tes essai, seperti contoh tugas pada akhir tiap-tiap bagian dalam bab II.

c.       Nilai akhir

Kita memberikan pengajaran musik agar murid-murid mampu bermusik dengan memahami teori tentang unsur-unsur yang membentuk musik itu. Jika murid-murid sudah dapat memperlihatkan kemampuan bermusik itu dengan tingkat keterampilan tertentu, berarti mereka sudah dapat menerapkan atau mengaplikasikan teori tentang unsur-unsur musik itu. Dengan demikian kita sudah dapat memberikan nilai yang cukup, walaupun hasil ujian tulisnya tentang teori musik bernilai kurang.

Tentang Desyandri

Desyandri. Lahir di Suliki, Kab. 50 Kota Propinsi Sumatera Barat pada tanggal 29 Desember 1972. Dosen Tetap di Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP Universitas Negeri Padang sejak tahun 2006. Memperoleh gelar Ahli Madya (Amd) pada Jurusan Pendidikan Sendratasik FPBS IKIP Padang tahun 1996, Sarjana Pendidikan (S.Pd) pada Jurusan Pendidikan Sendratasik FPBS IKIP Padang tahun 1998. Memperoleh gelar Magister Pendidikan (M.Pd) tahun 2011 Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNP. Memperoleh gelar Doktor (Dr) Ilmu Pendidikan tahun 2016 pada Program Studi Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). E-mail: desyandri@yahoo.co.id
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Asesmen Pendidikan Seni Musik

  1. rajib berkata:

    sayang g dalam bentuk makalah. klo dalam makalah pasti menarik banget ni pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s