Seni, Budaya, dan Keterampilan untuk SD/MI

Silek Galombang Minangkabau

Silek Galombang Minangkabau

 

Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)

Sumber: KTSP 2006

 

52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A. Latar Belakang

Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.  Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni.  Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.

Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan  di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi  melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran lain. 

Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural.  Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya.  Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan  kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan Mancanegara.  Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan  yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal,  interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional. 

Bidang seni rupa, musik, tari, dan keterampilan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing.  Dalam pendidikan seni dan keterampilan, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi.  Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.

 


B. Tujuan

Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.  Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan

2.  Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan

3.  Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan

4.  Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

 

C.  Ruang Lingkup

Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
  2. Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
  3. Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
  4. Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
  5. Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.

Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya. Pada tingkat SD/MI, mata pelajaran Keterampilan ditekankan pada keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.

About these ads

Tentang Desyandri

Desyandri. Lahir di Suliki, Kab. 50 Kota Propinsi Sumatera Barat pada tanggal 29 Desember 1972. Dosen Tetap di Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP Universitas Negeri Padang sejak tahun 2006. Memperoleh gelar Ahli Madya (Amd) pada Jurusan Pendidikan Sendratasik FPBS IKIP Padang tahun 1996, Sarjana Pendidikan (S.Pd) pada Jurusan Pendidikan Sendratasik FPBS IKIP Padang tahun 1998. Memperoleh gelar Magister Pendidikan (M.Pd) tahun 2011 Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNP. Sedang Tugas Belajar di Program Studi Doktoral (S3) Ilmu Pendidikan sejak tahun 2012 di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). E-mail: desyandri@yahoo.co.id
Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan Seni Musik. Tandai permalink.

73 Balasan ke Seni, Budaya, dan Keterampilan untuk SD/MI

  1. Cornelius Bagus Nugroho berkata:

    saya sangat senang akan sumber KTSP yg sudah saya baca.Tapi saya minta tolong dong,jika ada silabus,RPP,RPS untuk seni budaya dan keterampilan kelas 4,5,6 SD saya dikirimin dong.Sebab saya sangat memerlukan sekali.Mungkin ada teman-teman pengajar atau guru Seni Budaya dan Keterampilan bantu aku dong.ini alamat saya SDK YOS SUDARSO Jln.Candradimuka no 4 Ambulu-Jember kode pos 68172,atas nama C.Bagus Nugroho,Tolong aku ya,atau jika punya alamat untuk Silabus,RPP,RPS seni budaya dan keterampilan kirim keaku ya di email: corneliusnugroho@yahoo.co.id. Maksih ya.Tuhan memberkati

  2. nanda berkata:

    aku ingin belajar

  3. dini berkata:

    beritahu soal sbk kelas 5

  4. annisa nabilah berkata:

    saya mau bertanya tentang pelajaran SBK…
    peratanyaan nya:
    1.apa yang dimaksud dengan tekstur?
    2.apa yang dimaksud dengan dinamik?
    3.tolong sebutkan 4 bahan yang dapat digunakan
    untuk membuat patung?
    4.sebutkan 5 contoh alat musik melodis dan cara
    memakainya?
    5.apa yang dimaksud dengan benda bertekstur
    semu? berikan beberapa contohnya!
    6.jelaskan hal-hal yang harus dipersiapkan
    sebelum mengadakan pameran seni rupa?

    itu saja pertanyaan saya please tolong dijawab yaaaaa karena itu bermanfaat bagi saya…

    • desyandri berkata:

      Saya sarankan untuk membaca referensi mengenai topik yang dipertanyakan

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Maaf, saya hanya berkompeten untuk menanggapi pertanyaan seputar seni musik.
      Dinamik berhubungan dengn keras atau lembutnya sebuah musik dimainkan atau lagu yang dinyanyikan.
      Dinamik dituliskan dengan simbol f (forte) dan p (piano). Adapun maksud simbol ini adalah: (1) f (forte): berarti musik atau lagu dimainkan atau dinyanyikan dengan suara keras, (2) ff (fortessimo): berarti musik atau lagu yang dimainkan atau dinyanyikan lebih keras dibanding f (forte), (3) fff (fortessissimo) berarti dinyanyikan atau dimainkan dengan sangat keras. Sedangkan simbol (1) p (piano): berarti dinyanyikan atau dimainkan dengan suara lembut, (2) pp (pianissimo) lebih lembut lagi, (ppp) sangat lembut.
      Jika pada partitur lagu atau musik ditemukan simbol ini maka dinyanyikan atau dimainkan sesuai dengan maksud yang diterangkan di atas.
      Alat musik melodis (melodic) adalah alat musik yang hanya menghasilkan satu per satu nada, dan tidak dapat dimainkan tiga atau lebih nada secara serentak. Contohnya: recorder, saxophone, trompet, violin (biola), flute, oboe, clarinet, dll. Tq. Semoga bermanfaat.

      • ANDI AISYAH MAGFIRAH berkata:

        saya mau bertanya tentang pelajaran sbk yang mana sebagai berikut :
        1. apa arti budaya
        2. apa arti keterampilan
        itu saja pertanyaan saya please tolong di jawab yaaaa terima kasih

      • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

        1. Budaya; merupakan seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar”. Talcott Parsons maupun para pakar antropologi A.L. Kroeber menganjurkan dua wujud kebudayaan, yakni: sebagai suatu sistem dari gagasan-gagasan serta konsep-konsep dan sebagai rangkaian tindakan serta aktivitas manusia yang berpola. J.J. Honingham memberdakan atas tiga gejala kebudayaan, yakni: (1) ideas; (2) activities; dan (3) artifacts.
        2. Keterampilan: adanya empat aspek atau variabel yang mencirikan keterampilan. Keempat aspek itu adalah kecepatan, akurasi, bentuk, dan kesesuaian. Artinya, pertama keterampilan harus ditampilkan dalam batasan waktu tertentu, yang menunjukkan bahwa semakin cepat semakin baik. Kedua keterampilan harus menunjukkan akurasi yang tinggi sesuai dengan yang ditargetkan. Ketiga keterampilan pun harus dilaksanakan dengan kebutuhan energi yang minimal; (form atau bentuk menunjuk pada usaha yang ekonomis). Dan terakhir, keterampilan pun harus juga adaptif, yaitu tetap cakap meskipun di bawah kondisi yang berbeda-beda.

  5. fani berkata:

    apa arti dri artikulasi

    otugotidu

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata (phrasering) yang baik dan jelas. Seorang penyanyi selain harus menguasai dan menghafalkan syair (lirik) lagu dengan baik, juga harus mengucapkan kata-katanya dengan jelas dan tegas.

  6. Bahan Pendidikan untuk memicu semangat anak didik….
    Seni BUdayaya & Keterampilan

  7. Jati berkata:

    Saya Membaca Ini Sepaya Pintar

  8. dicky berkata:

    aku ingin membaca ini supaya pintar dan aku mau sukses supaya aku naik kelas

  9. hy cemua nya apa kabar nya

  10. ryan berkata:

    saya mau ngopek

  11. diyahcahya berkata:

    terima kasih
    postingnya membantu tugas saya
    terima kasih banyak :)

  12. Julius jJih berkata:

    Ass. Wr wb. Pak adakah model-model pembelajaran musik yang telah Bapak kembangkan di UNP untuk peserta didik di SD kelas rendah? Trims Was.

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Yth Bapak Julius. Trims atas kunjungannya.
      Model pembelajaran yang tepat untuk membelajarkan seni musik pada dasarnya sama, tidak jauh berbeda dengan model2 pembelajaran yang ada pada umumnya. Tetapi perlu kajian lanjut untuk membentuk korelasi antara model2 tersebut dengan karakteristik seni musik dan karakteristik siswa. Saya mengakui bahwa model pembelajaran seni musik tidak banyak dikupas dalam dunia pendidikan. Saya memberanikan diri untuk memberikan beberapa alternatif model2 pembelajaran yang cocok dengan seni musik, diantaranya: (1) STAD, Demonstration, (2) Student Facilitator and Explaining, (3) Explicit Instruction, (4) Cooperative Integrated, (5) Snowball Throwing dll. Tq. Semoga bermanfaat. Salam seni musik.

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Tq sudah berkunjung. Bapak bisa lihat bahasan saya yang senada dengan pertanyaan bapak

  13. NOVI berkata:

    HAI LG P? KABARNY G MN? KENAL AKU P GK AKU KAN SAUDARAMU!

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Mohon maaf. I,m forget, mungkin tambahkan clue lain yang memudahkan saya mengingatnya

  14. KAIRIL berkata:

    KENAPA TIDAK ADA YG ARTI SENIH DAN UNSUR – UNSURNYA

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Khairil: Arti seni dan unsur2 nya bisa bapak lihat di buku jamalus atau rien syafrina, serta syafei, bahkan juga dicantumkan di KTSP

  15. karina berkata:

    ada pelajaran sbk gak. kalo ada untuk belajar sbk soalnya un?

  16. karina berkata:

    kao ada thank you :)

  17. karina berkata:

    buku jamalus itu apa dan buku rien syafrina :(

  18. karina berkata:

    apakah bpk tau selain pelajaran sbk. apa ips,ipa,mtk,b.indonesia

  19. dani berkata:

    apakah seni rupa itu ?

    :’(

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Khusus tulisan seni rupa, merupakan mahasiswa bimbingan saya. Untuk lebih sahihnya saudara bisa tanyakan langsung ke pakar seni rupa

  20. dani berkata:

    siapakah nama anda :) :( <3 8) (y) :p

  21. Hudha Supernovaa berkata:

    apa perbedaan senibudaya dan keterampilan itu pak??
    dan apa perbedaan senibudaya dan keterampilan??

  22. Hudha Supernovaa berkata:

    tolong cepat dijawab!!!!!!!!!!!!!!!

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Huda: Trims atas kunjungannya
      Saya paham sekali akan keseriusan saudara untuk mendapatkan informasi ini.
      Seni, Budaya, dan Keterampilan adalah tiga bidang kajian yang terdapat di pendidikan dasar dan menengah. ketiga bidang ini memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri. Akan tetapi tetap dalam satu payung seni yang sarat dengan makna estetika. Sub bidang kajian dari SBK adalah, 1) seni rupa, 2) seni musik, 3) seni tari dan drama, dan 4) keterampilan dan kerajinan.

  23. Anto Johan berkata:

    seharusnya pemerintah sering mengadakan workshop /pelatihan sehingga akan diaplikasikan kpda peserta didik ,karena banyak peserta didik yang mempunyai bakat jiwa seni ,bisa disalurkan
    sehingga nantinya bisa menciptaka lapangan kerja mengingat karena pendidikan ini di instansi sekolah sering dikesmpingkan dengan pnedidikan mata pelajaran lain

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Setuju P. Anto Johan. Tetapi akan lebih baik kita mulai dari sekarang, dari pada menunggu pemerintah. Caranya dengan menghadirkan para pakar musik ke lingkungan sekolah, KKG atau dalam bentuk yang lebih besar. Kelihatannya inisiatif yang lebih diperlukan. tq

  24. yohanes nathan louis berkata:

    seni tdk akan lengkap bila tdk ada lagu di dalam nya

  25. ali berkata:

    ha ha ha

  26. tolong kirimi saya buku pelajaran seni budaya dan keterampilan sd

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Mimanglimet…
      Untuk sekarang belum lengkap. insya Allah dalam kuliah S3 ini saya berencana merancang pengembangan pembelajaran seni musik dengan explicit instruction di kelas tinggi SD dengan produknya 3 buah buku. Amin
      Tq

  27. claraclaratiara berkata:

    apa persamaan dan perbedaan karyabseni rupa patung dari manca negara dan nusantara

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Clara…
      Mohon maaf… Pertanyaan saudara tidak bisa saya jawab. Tulisan seni rupa yang ada di webblog saya merupakan tugas akhir mahasiswa. Sedangkan saya konsern di bidang pendidikan seni musik.
      Trims

  28. niswa nasuka berkata:

    lagu manuk dadali berasal dari mana

  29. niswa nasuka berkata:

    pa tolongin dong saya boleh minta buku sbk saya butuh banget tapi buku nya yg kls 3,4,5,6alamat saya binangun jln binangun atas nama saya niswa email saya nasukaniswa@yahoo.co.id

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Secara pribadi saya tidak memiliki, tapi adanya di pustaka atau dapat juga dibeli di toko buku… Maaf ya…

  30. makmun berkata:

    prinsip keseimbangan artinya apa pak….

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Keseimbangan memiliki banyak pengertian diantaranya dalam seni musik dikenal dengan istilah harmoni, selaras, dan banyak lagi.. Artinya kesatuan yang ada di musik itu menjadi enak di dengar dan saling bekerjasama diantara mereka…

  31. Titik Suryanti berkata:

    asslam pak,saya masih kurang mengerti dengan pengertian keterampilan saja,saya sudah mencari dari berbagai buku yang ada cuma seni budaya dan keterampilan.jadi pengertian keterampilan secara khususnya gmn pak?

  32. tiara berkata:

    hai pak selamat pagi

  33. tiara berkata:

    pak saya lagi kerjakan tugas dari bapak

  34. Uton Sultoni, S.Pd berkata:

    saya setuju dengan pelestarian SBK di sekolah sebab dapat meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya seni anak bangsa dan nasional,,,,,kita…..

  35. roy.bafih berkata:

    Saya Ada Pr Ips Untuk Mengerjakan Kebudayaan dan keterampilan sekolah kita semua ingin pintar selalu doa kan kami biar kami sukses jadi anak yg baik.penolong.dan tdk melawan org tua. terima kasih perhatianya ass.

  36. hendrawijayanto berkata:

    saya mau tanya apa arti dari tanda dinamik decrescendo.terima kasih

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Tanda dinamik Crescendo: maksudnya dimainkan atau dinyanyikan dengan kekuatan/dinamik yang makin lama makin keras… Sedangkan Decrescendo merupakan sebaliknya: makin lama makin lembut…

  37. Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

    Dinamik…

  38. Kenneth123 berkata:

    sy mau tanya1. tempo dengan kecepatan amat sanngat cepat disebut tempo…
    2. permainan musik secara bersama- sama disebut…
    3. piano sm gitar alat musik melodis apa bkn….
    trimakasih bnyk yah pak….

    • Desyandri, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Untuk tempo yg sangat cepat dikenal dengan istilah allegro dan presto,
      permainan musik bersama-sama dikenal dengan ansambel, dan
      piano dan gitar termasuk alat musik harmonis…

  39. siti nurhidayah berkata:

    ini bagus untuk kita

  40. zaki berkata:

    mau bertanya,, kalau pengertian daripada seni budaya nusantara itu apa ya? trus manfaatny apa saja untuk pembelajaran di sekolah dasar?

    • Desyandri berkata:

      To Zaki:
      Seni budaya nusantara merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh bumi nusantara (Indonesia) dengan karakteristik yang berbeda2 di tiap2 etniknya. Arti “kebudayaan” dalam bahasa sehari-hari umumnya terbatas pada segala sesuatu yang indah misalnya candi, tarian, seni mudik/suara, kesasteraan, dan filsafat. Secara antropologi, “Kebudayaan adalah seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar”.
      Jadi untuk itu, manfaat budaya sangat besar dalam pembelajaran di sekolah dasar, diantaranya dapat dijadikan sebagai acuan bagi penambahan wawasan dan tindakan siswa untuk selalu mengaktualisasikan nilai-nilai yang terdapat dalam budaya nusantara tersebut, serta dapat memahami, menyikapi, dan menghormati (toleran) terhadap perbedaan masing2 etnik dalam lingkungan budaya nasional. Dan yang terpenting lagi, agar siswa tidak tercerabut dari budayanya sendiri….
      Trims, mudah2an bermanfaat…

      • zaki berkata:

        terimakasih banyak,, sangat bermanfaat,, untuk tujuan dan fungsinya seperti ap pembelajaran seni budaya di sekolah dasa?

      • Desyandri berkata:

        To Zaki:
        Tujuan dan fungsi seni budaya pada pembelajaran di SD, dapat dilihat di tulisan2 saya yang lain…
        Secara sederhana dapat memberikan bekal pada peserta didik tentang multi-lingual, multi-dimensional, dan multi-kultural…

  41. bowo gares berkata:

    Bpk Saya Btuh Musik Melayu ….. :D

    Melayu Rindu ;)

    • Desyandri berkata:

      To Bowo..
      Thanks sudah berkunjung…
      Musik Melayu Rindu, seperti apa yang dimaksudkan? Apakah kajian musik, lirik, atau aspek pembelajaran dan kulturnya..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s